Senin, 02 April 2012

Tips Cara Mengatasi/Mengobati Luka Memar

Di dalam kita beraktifitas tidak jarang kecelakaan kecil kita jumpai, terutama dalam menyampaikan pendapat, baik mendapatkan represifitas dari pihak berwenang maupun kecelakaan kecil saat kita akan menuju tempat kita menyampaikan pendapat seperti terjatuh dari motor, terdorong oleh kawan-kawan lain saat akan aksi. Berikut tips ringan mengobati luka memar. dan ini sering kali kami jumpai. Untuk menyembuhkan luka memar yang terjadi pada bagian tubuh kita bisa menggunakan metode RICE yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Dengan menjalankan cara ini diharapkan luka memar yang ada dapat segera sembuh, hilang bengkaknya dan tidak terlalu terasa sakit. RICE adalah singkatan dari Rest, Ice, Compress dan Elevate yakni suatu tehnik umum medis untuk mengatasi memar pada manusia. 
 1. Rest (Istirahat) 
Jika terjadi memar sebaiknya hindari dan berhenti melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan luka memar menjadi lebih parah. Istirahat dulu dari segala kegiatan untuk membuat memarnya sembuh dan bila perlu izin sakit dulu beberapa hari. 

2. Ices (Beri Es) 
Beri rasa dingin dengan es maupun air dingin pada bagian tubuh yang memar tiga kali sehari masing-masing selama 2 sampai 3 menit untuk mengatasi bengkak. Jangan berikan balsem, obat gosok yang menimbulkan rasa panas, karena akan menambah luka memar (perlu diingat luka bengkak itu menjadikan kulit terasa panas, apabila diberikan balsem dan obat gosok yang membuat panas kulit akan memperbesar area pembengkakan tersebut). 

3. Compress (Kompres Dengan Es Batu) 
Gunakan perban khusus untuk menekan bagian yang memar yang dapat menjaga es tetap pada tempatnya. 

4. Elevation (Angkat Yang Memar) 
Bagian tubuh yang luka memar sebisa mungkin diangkat setidaknya sedikit lebih tinggi di atas dada atau jantung agar darah mengalir dan bengkak bisa berkurang.. kenapa? Ini dilakukan agar aliran darah mengalir lancar dan tidak menggumpal. 

kesalahan dalam penanganan. 
seringkali saat ada korban bengkak, tanpa disadari kita memberikan obat gosok atau balsem untuk meredakannya dengan harapan akan sembuh dengan cepat. INI SALAH DALAM PENANGANAN! karena akan memperbesar area bengkak. 
Semoga tips ringan tips dan trik mengatasi luka memar ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika tidak kunjung membaik segera hubungi dokter kesayangan anda. Semoga berhasil dan terima kasih. Salam kemanusiaan.

3 komentar:

  1. benar sob! salah penanganan bisa gashwat!
    ada terapi yg benar dan aman!
    kebetulan saya seorang fisioterapis.

    BalasHapus